Jumat, 08 Desember 2017

resep arai pinang asli Sumatera Barat

Mungkin banyak yang gak tahu dengan makanan yang satu ini. Arai pinang. Makanan khas yang berasal dari sumatera barat ini merupakan jajanan favorit didaerah asalnya. Rasanya yang gurih dan kriuk kriuk ini menjadikannya cita rasa tersendiri karena terbuat dari tepung beras.

(Gambar sementara ambil dari google)



Saya sendiri juga merasa kesulitan mengenalkan makanan satu ini didaerah perantauan salah satunya kota Batam. Banyak masyarakat disini yang notabene penduduk campuran yang gak kenal dengan jajanan ini. Kadang sebagai penjualpun kita harus kreatif dalam mengenalkan produk lama dilingkungan baru. Tapi bagi orang SumBar di sini semua udah pada tau.

Jika anda semua penasaran dengan cita rasa arai pinang silahkan ke Sumbar untuk mendapatkannya atau minta dikirimin deh dari sono 😆 😂😎.

Tapi gak usah kawatir disini kita akan berbagi resep arai pinang asli SumBar jadi gak perlu ke SumBar dulu buat sekedar ngicip arai pinangnya.

Bahan :
1. Tepung beras rose brand 500 gr
2. Garam 2 sdt datar
3. Air kapur sirih 1 sdm
4. Air 1 liter
4. Minyak untuk menggoreng

Cara membuat :
1. Masukkan tepung kedalam kuali besar atau periuk besar lalu direndang atau diaduk sampai kering. Proses ini akan menentukan kriuknya arai pinang. Rendang sampai benar benar kering. Tapi jangan gosong. Kira kira 10 menit.
2. Masak air sampai mendidih masukkan garam dan kapur sirih aduk rata.


3. Matikan api kompor masukkan air mendidik tersebut kedalam adonan tepung didalam panci.
4. Uleni sampai kalis sampai tercampur semuanya (pakai sendok ya soalnya panas).
5. Bulat bulatkan adonan sebesar jempol sampai adonan habis.
6. Pipihkan adonan yang sudah dibulatkan pakai arai pinang atau bisa pakai cetakan arai pinang bisa juga pakai garpu.
7. Goreng sampai kekuningan
8. Ari pinang pun siap untuk dinikmati.

Bagi yang bingung dengan tutorial diatas silahkan bertanya dikomentar. Insha allah saya siap membantu. Untuk gambar belum saya upload semoga jika ada kesempatan segera saya upload.

1 komentar:

  1. setelah semua bahan di aduk, pas pencetakaj lengket lengket. itu gimana ya? apa kebanyak air atau gimana? trmkaih

    BalasHapus

suka duka jualan ku basah

Jualan, ada untung ada buntung. Gak punya prinsip ssah buat untung. Kadang jualan kadang gak apalagi klo yang dijual kue basah, gak laku har...